Sitem Pengisian (Charging System) pada Mobil

Fungsi baterai pada Mobil adalah untuk mensuplai kebutuhan listrik pada komponen - kompenen listrik pada mobil tersebut seperti motor starter, lampu-lampu besar dan penghapus kaca. Namun demikian kapasitas baterei sangatlah terbatas, sehingga tidak akan dapat mensuplai tenaga listrik secara terus menerus. Dengan demikian, baterei harus selalu terisi penuh agar dapat mensuplai kebutuhan listrik setiap waktu yang diperlukan oleh tiap-tiap komponen listrik.Untuk itu pada mobil diperluka sistem pengisian yang akan memproduksi listrik agar baterei selalu terisi penuh.

Sistem pengisian (charging system) akan memproduksi listrik untuk mengisi kembali baterei dan mensuplai kelistrikan ke komponen yang memerlukannya pada saat motor hidup. Sebagian besar mobil dilengkapi dengan alternator yang menghasilkan arus bolak - balik yang lebih baik dari pada dinamo yang menghasilkan arus searah dalam hal tenaga listrik yang dihasilkan maupun daya tahannya. Mobil yang menggunakan arus searah (direct current), arus bolak-balik yang dihasilkan alternator harus disearahkan menjadi arus searah sebelum dikeluarkan.

Alternator

Fungsi alternator untuk merubah energi mekanis yang didapatkan dari motor menjadi tenaga listrik. Energi mekanik dari motor disalurkan sebuah puli, yang memutarkan rotor dan menghasilkan arus listrik bolak-balik pada stator. Arus listrik bolak-balik ini kemudian dirubah menjadi arus searah oleh diode-diode.

Komponen utama alternator adalah : rotor yang menghasilkan medan magnet listrik, stator yang menghasilkan arus listrik bolak-balik, dan beberapa diode yang menyearahkan arus. Komponen tambahan lain adalah : sikat-sikat yang mensuplai arus listrik ke rotor untuk menghasilkan kemagnetan (medan magnet), bearing - bearing yang memungkinkan rotor dapat berputar lembut dan sebuah kipas untuk mendinginkan rotor, stator dan diode.

Konstruksi alternator bagian-bagiannya terdiri dari :

1. Pull (Pully)
Puli berfungsi untuk tempat tali kipas penggerak rotor.

2. Kipas (Fan)
Fungsi kipas untuk mendinginkan diode dan kumparan-kumparan pada alternator.

3. Rotor
Rotor merupaka bagian yang berputar didalam alternator, pada rotor terdapat kumparan rotor (rotor coil) yang berfungdi untuk membangkitkan kemagnetan. Kuku-kuku yang terdapat pada rotor berfungsi sebagai kutub-kutub magnet, dua slip ring yang terdapat pada alternator berfungsi sebagai penyalur listrik kekumparan rotor.

4. Stator
Pada gambar diatas terlihat gambar kontruksi dari stator coil. Kumparan stator adalah bagian yang diam dan terdiri dari tiga kumparan yang pada salah satu ujung - ujungnya dijadikan satu. Pada gambar sebelah kanannya terlihat teori gambar kontruksi stator. Kontruksi ini disebut hubungan “Y” atau bintang tiga fhase. Bagian tengah yang menjadi satu adalah pusat gulungan dan bagian ini disebut titik netral (neutral point) atau bisaa disebut terminal “N”. pada bagian ujung kabel lainnya akan menghasilkan arus bolak-balik (AC) tiga phase

5. Diode (Rectifier)
Pada gambar diatas memperlihatkan kontruksi dan hubungan antara stator coil dan diode. Ketiga ujung stator dihubungkan dengan kedua macam diode. Pada model yang lama terdapat dua bagian yang terpisah antara diode positif (+) dan diode negatif (-). Bagian positif (+) mempunyai rumah yang lebih besar dari pada yang negatif (-). Selain perbedaan tersebut ada lagi perbedaannya lainnya yaitu strip merah pada diode positif dan strip hitam pada diode negatif. Fungsi dari diode adalah menyearahkan arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan oleh stator coil menjadi arus searah (DC). Diode juga befungsi mencegah arus balik dari baterei ke alternator.

Regulator

Tegangan listrik dari alternator tidak selalu konstan hasilnya. Karena hasil listrik alternator tergantung pada kecepatan putaran motor, makin cepat putarannya makin besar hasilnya demikian juga sebaliknya. Rotor berfungsi sebagai magnet. Adapun magnet yang dihasilkan adalah magnet listrik, maka dengan menambah atau mengurangi arus listrik yang masuk kerotor coil akan mempengaruhi daya magnet tersebut sehingga hasil pada stator coilpun akan terpengaruh. Jadi hasil alternator sangat dipengaruhi oleh adanya arus listrik yang masuk kerotor coil. Fungsi regulator adalah mengatur besar arus listrik yang masuk kedalam rotor coil sehingga tegangna yang dihasilkan oleh alternator tetap konstan menurut harga yang telah ditentukan walaupun putarannya berubah-ubah. Selain daripada itu regulator juga berfungsi untuk mematikan tanda dari lampu pengisian, lampu tanda pengisian akan secara otomatis mati apabila alternator sudah menghasilkan arus listri.

Gambar diatas memperlihatkan hubungan fungsi dari regulator, alternator dan baterei. Apabila alternator tidak menghasilkan listrik, maka hanya dari baterei saja untuk mengatasi kebutuhan kelistrikan, bila hal ini terjadi maka regulator akan bekerja memberi tanda pada pengemudi (lampu CHG). Ada dua tipe regulator yaitu tipe poin (Point Type) dan tipe tanpa poin (Pointless Type). Tipe tanpa poin juga bisaa disebut IC regulator karena terdiri dati Integrated Circuit. Adapun ciri-ciri IC regulator yang dibuat jadi satu dengan alternator adalah sebagai berikut :
  • Ukuran kecil dan output-nya tinggi
  • Tidak diperlukan penyetelan Voltage (tegangan)
  • Mempunyai sifat konpensasi temperatur untuk kontrol tegangan yang dimiliki untuk pengisian baterei dan suplai ke lampu-lampu.